KALAM ALFASARI NGAJI KITAB ADAB AL-ÁLIM WAL MUTAÁLIM

0

 


Ahad, 12/02/2023 --- Kesatuan Alumni Al-Falah Pakelsari atau KALAM ALFASARI melaksanakan kegiatan perdana setelah peresmian yang dilakukan bertepatan dengan peringatan hari santri 22 Oktober 2022. Kegiatan ini adalah pengajian kitab Adab Al-Álim wal Mutaálim karangan dari Hadrotu Syeikh KH. Hasyim Asyári yang merupakan pendiri dari Nahdlatul Ulama (NU). Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap dua bulan sekali. Tepatnya dilaksanakan setiap ahad pertama dibulan genap.

Kegiatan ini merupakan kesepakatan yang diambil dari hasil musyawarah anggota alumni untuk tetap menjalin silaturahmi baik dengan Pengasuh Pesantren, Santri, maupun sesama alumni. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan alumni akan terus terikat dan menjadi bagian penting bagi kemajuan Pondok Pesantren. Kegiatan ini sangat didukung oleh Kyai Mahsun sebagai Pengasuh Pondok Pesantren. Beliau juga menyambut kedatangan alumni dengan hangat. Hubungan guru dan murid sangat harmonis tercitpa ditengah-tengah kegiatan ini. Kegiatan Pengajian yang mengkaji kitab kuning dengan makna pegon. Kyai Mahsun berharap alumni bisa terus menimba ilmu layaknya santri meskipun ditengah kesibukannya dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.  Kyai Mahsun memilih Kitab Adab Al-Álim wal Mutaálim sebagai kitab yang dikaji untuk terus mengingatkan alumni selalu membawa akhlaq santri dimanapun mereka berada.  



Gambar : Kyai Mahsun tengah membacakan Kitab Adab

Al-Álim wal Mutaálim kepada jamaah


Dalam pengajian yang disampaikan Kyai Mahsun berpesan bahwa Alumni harus terus mengambil peran dalam perkembangan pesantren. Beliau juga berharap alumni bisa membantu kemajuan Pondok Pesantren dengan kemampuan yang dimiliki baik secara moril maupun matreil. Isi kitab yang dibacakan juga menyampaikan tentang adab dan akhlaq bagi seorang dalam kehidupan sehari-hari. Kyai Mahsun juga berpesan bahwa Alumni Pondok Pesantren harus memiliki peran ditengat masyarakat. Santri diharapkan mampu menjadi seseorang yang bermanfaat dan mampu menjadi teladan bagi masyarakat yang lain. Selain itu alumni juga diberikan pesan untuk terus menjalin komunikasi dengan guru dipesantren. Bagaimanapun guru memiliki andil yang cukup besar dalam kehidupan seseorang.

Meskipun seluruh alumni belum bisa hadir namun antusias alumni dalam mengikuti pengkajian dan melaksanakan musyawarah sangat tinggi. Meskipun banyak yang sudah membaur dengan masyarakat namun alumni tetap mengikuti kegiatan pengkajian layaknya santri. Alumni yang datang menyimak dan memperhatikan setiap kata yang disampaikan oleh Kyai Mahsun. Kegiatan berjalan sangat positif ditambah dengan banyaknya santri yang ikut serta mengikuti pengajian kitab yang dibacakan. Kyai Mahsun selaku Pengasuh Pondok Pesantren berharap kegiatan ini akan terus berlanjut sehingga hubungan alumni dan pesantren tidak akan putus. Selain itu alumni juga bisa terus menimba ilmu dan mempertahankan adab dan akhlaq ditengah-tengah masyarakat.



Gambar : Alumni dan santri mengikuti pengajian kitab.


Video pengajian kitab Adab Al-Álim wal Mutaálim bisa anda saksikan dichanel youtube Al Falah Pakelsari.




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top