PERSIAPAN DAN LATIHAN RUTIN DILAKSANAKAN MENJELANG HAFLAH AKHIRUSANAH KE-6 TAHUN 2023

0

Ahad, 26/2/2023 --- Menjelang kegiatan akhir tahun yang rutin dilesenggarakan setiap tahun Pondok Pesantren berencana melaksanakan kegiatan haflah akhirusanah. Segenap persiapan dilakukan demi mensukseskan kegiatan tersebut. Haflah akhirusanah direncanakan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2023 dengan segenap rentetan acara didalamnya. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur setelah selesainya beberapa kitab yang dikaji santri dalam menempuh pendidikan di pesantren selama satu tahun atau 2 semester. Santri juga akan mengisi jalanya acara dalam kegiatan haflah akhirusana dengan melantukan hafalan nadhom yang telah diselesaikan. Tahun ini terdapat beberapa nadhom yang akan menjadi bagian dalam acara yaitu :

Kelas persiapan : Nadhom Alala

Kelas Satu : Nadhom Aqidatul Awam

Kelas Dua : Nadhom Imrithi 

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang terdapat khataman nadhom alfiyyah, tahun ini ditiadakan. Hal ini karena Kitab Alfiyyah memang diprogramkan selesai dalam kurun waktu dua tahun atau 4 semester sehingga khataman Nadhom Alfiyyah dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Selain itu Pondok Pesantren juga melaksanakan khataman Al-Quran dan Juz Ama.


Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam mempersiapkan kegiatan haflah akhirusanah adalah latihan rutin. Latihan ini diikuti oleh santri yang akan mengikuti khataman dan dibimbing oleh pendamping setiap kelompoknya. Latihan dilaksanakan rutin setiap hari ahad setelah pengajian Kitab Ta'lim Muta'alim oleh Kyai Mahsun. Kegiatan ini dilaksanakan didepan aula pesantren. Latihan dilaksanakan secara bergantian mulai dari Nadhom Alala, Nadhom Aqidatul Awam, Nadhom Imrithi dilanjutkan dengan Juz Ama dan Al-Quran.

Selain latihan setiap hari ahad santri juga melaksanakan latihan perkelas sesuai dengan kesepakatan yang disepakati oleh peserta dan pendampingnya. Santri juga aktif melaksanakan setoran hafalan setiap hari demi tercapainya target pendidikan yang diselenggarakan. Santri sangat antusias dan semangat dalam melaksanakan kegiatan ini, hal ini sebagai bentuk keseriusan terhadap suksesnya acara yang akan dilaksanakan. Pembimbing dan ustadz/ustadzah juga dengan sabar melatih santri yang akan mengikuti kegiatan haflah.


Diharapkan dengan adanya kegiatan latihan yang rutin dilaksanakan ini akan memberikan dampak positif terhadap santri. Santri semakin kompak dan siap dalam menghadapi haflah dan khataman yang akan dilaksanakan diakhir tahun. Santri diharapkan juga dapat menampilkan perform yang maksimal dihadapakn wali santri dan tamu undangan yang hadir diacara tersebut.




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top