PONDOK PESANTREN AL-FALAH PAKELSARI MEMPERINGATI ISRA' MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

0


Kamis, 26/02/2023/ --- Pondok Pesantren Al-Falah Pakelsari mengadakan kegiatan pengajian dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad saw. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Pondok Pesantren dengan diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri. Kegiatan ini juga dihadiri oleh dewan asatid dan juga pengurus Yayasan Syafatah Pakelsari Magelang. Diawali dengan pembacaan tahlil dan yasin yang dilaksanakan ba'da maghrib dilaksanakan secara khidmad, Pembacaan tahlil dan surah yasin dipimpin oleh Kyai Mahsun secara langsung. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan maulid dan diba' serta beberapa sholawat yang dipimpin oleh Hisfa Al-Falah.

Menginjak pukul 21.00 kegiatan semakin khidmad dengan dibukanya acara oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qurán. Pembacaan ayat suci Al-Qurán dibawakan oleh salah satu santri putri yang bernama Kamila dengan membaca Surah Al-Isra' ayat 1 - 4. Dalam runtutan acara tidak lupa seluruh jamaah juga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Yalal waton sebagai bentuk cinta tanah air. Setelah itu kegiatan berlanjut melantunkan mars Al-Falah dan mahlul qiyam untuk memberikan penghormatan kepada Baginda Rasulullah. Ditengah acara Ketua Yayasan Syafaatah Pakelsari Magelang Haji Muhammad Mahbub juga memberikan pengarahan dan sambutan kepada seluruh jamaah.

Pengisi inti acara atau maulidhoh hasanah disampaikan oleh Kyai Zein Djazuli yang merupakan ustadz yang paling senior/sepuh di Pondok Pesantren. Beriringan dengan waktu kegiatan ini ditutup dengan adanya peresmian pencak silat Pagar Nusa yang dilakukan oleh PC Pagar Nusa Kabupaten Magelang dan PAC Pagar Nusa Kecamatan Mertoyudan. Acara diikuti oleh peserta hingga penghujung malam. Santri-santri sangat antusias dengan diselenggarakannya acara ini.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan peringatan kepada seluruh santri agar terus mengingat adanya peristiwa yang luar biasa yang dialami oleh Baginda Nabi Muhammad saw. Isra' Mi'raj yang menjadi awal adanya perintah sholat kepada Nabi Muhammad dan Umat Islam perlu terus diingat dan disyukuri. Sholat yang kita kenal sebagai tiang agama harus selalu ditegakkan dan dilakukan oleh seluruh santri dan Umat Islam. Ditengah acara Kyai Zein Djazuli berpesan tentang pentingnya sholat dalam kehidupan Umat Islam. Salah satu pesan yang disampaikan adalah 


"Sholat iku kuncine ngibadah, manungso yen ibadah sholate sae lan tertib InsyaAllah ibadah liyane njih sae. Semono ugo yen sholate kurang baik ibadah liyane yo gak patik sampurno" - Kyai Zein Djazuli

 


 

Artinya "sholat itu kunci dalam beribadah, manusia ketika ibadah sholatnya baik dan tertib pasti ibadah lainnya juga baik. Demikian juga ketika sholatnya kurang baik ibadah lainnya ya kurang sempurna". Pesan ini memberikan peringatan bahwa santri dan Umat Islam harus terus menjaga sholat, utamanya sholat lima waktu. Menjadi percuma memperbanyak amal ibadah seperti : puasa, infaq, sedekah, dan ibadah lain namun sholatnya masih kurang baik dan tidak tertib. Menyempurnakan sholat dan memperbanyak amalan sunah, hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat baik.

Selain itu Kyai Mahsun juga sering berwasiat kepada santri untuk terus menjaga sholat jamaah. Beliau berpesan.

"Santri yen kepingin sukses iku (sholat) jamaah karo ngaji. Santri yen gelem istiqomah sholat jamaah karo ngaji InsyaAllah sukses ndonyo akhirat" - Kyai Mahsun

Pesan ini memiliki makna "Santri yang ingin memperoleh kesuksesan kuncinya sholat jamaah dan ngaji. Santri kalau mau istiqomah sholat berjamaah dan ngaji InsyaAllah sukses dunia akhirat". Pesan ini kerapkali disampaikan oleh Kyai Mahsun. Beliau tidak pernah berhenti mengingatkan santrinya untuk terus menjaga sholat berjamaah dan ngaji yang dilakukan secara istiqomah. Kerap kali Kyai Mahsun juga mengajak santri untuk berbondong-bondok menunaikan ibadah sholat dimasjid. Beliau dengan sabar mengingatkan santri-santrinya untuk selalu menunaikan sholat berjamaah dan tepat waktu.






Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top