NGAJI RAMADHAN KITAB ADABUL ALIM WAL MUTAÁLIM, RISALATUL MAHID, DAN MAHALI

0

 


Rabu, 12/04/2023 ---- Pondok Pesantren menggelar kegiatan pengajian tahunan yang dilaksanakan setiap Bulan Ramadhan. Kegiatan ini menjadi program unggulan yang terus dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Al-Falah. Berbeda dengan kegitan ngaji seperti hari-hari biasanya yang terbagi menjadi beberapa kelas. Pengajian kitab dibulan Ramadhan dilaksanakan secara bersama-sama di depan dan aula Pondok Pesantren. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh santri namun tetap terdapat penggolongan kitab wajib dan sunah yang wajib diikuti.

Kegiatan pengajian kitab disampaikan langsung oleh Kyai Mahsun selaku Pengasuh Pesantre. Ngaji Ramadhan dilaksanakan setiap malam ba'da tarawih sampai dengan pukul 12.00 atau tergantung dengan situasi yang ada. Kegiatan ini juga dilaksanakan siang hari namun tidak setiap hari ini karena menyesuaikan dengan jadwal sekolah dan juga jadwal Kyai Mahsun yang juga mengajar di UIN Wali Songo Semarang dan IAIN An-Nawawi Berjan. Jika terdapat waktu luang dan Kyai Mahsun menghendaki untuk ngaji maka seluruh santri berkumpul dan pengajian kitab dilaksanakan.



Ada tiga kitab yang dikaji selama Bulan Ramadhan 1444 H tahun ini yaitu : Kitab Adabul Alim wal Mutaálim, Kitab Risalatul Mahid, dan Kitab Mahali.


1. Kitab Adabul Alim wal Mutaálim

Kitab ini merupakan kitab karangan dari Hadrotu Syeikh Kyai Hasyim Asy Ari. Kyai Hasyim merupakan tokoh pendiri Nahdlatul Ulama. Kitab ini membahas tentang adab seorang alim dan para pencari ilmu. Di dalamnya terdapat maqolah tentang adab dan perilaku yang baik untuk orang yang berilmu dan para pencari ilmu. Kitab ini juga banyak mengutip tentang Al-Quran, Hadist, Maqolah, dan syair-syair para ulama terdahulu. Kitab ini juga disusun secara rinci dan rapi sehingga mudah dipelajari oleh para santri.


2. Kitab Risalatul Mahid

Kitab Risalatul Mahid yang dikaji merupakan karya dari Syeikh Djazuli Usman Ploso Mojo Kediri. Beliau merupakan pendiri dari Pondok Pesantren Al-Falah Ploso. Kyai Djazuli merupakan guru dari Kyai Mahsun saat mondok di Ploso. Sesuai dengan namannya kitab ini membahas seputar cerita wanita yang mengalami haid dan beberapa darah yang keluar pada perempuan. Kitab ini membahas tentang cerita-cerita haid perempuan hasil dari penelitin Imam Syafi'i. Selain membahas tentang haid kitab ini juga membahas tentang nifas dan istihadoh. Tidak hanya diikuti oleh santri putri ngaji kitab Risalatul Mahid juga diikuti oleh santri putra.

3. Kitab Mahali

Kitab Mahali merupakan kitab yang membahas tentang ilmu fiqih yang merupakan syarah atau penjelasan dari kitab Minhajut Tholab. Kitab ini merupakan karangan dari Syeikh Jalaludin Muhammad bin Ahmad Al-Mahali. Kitab ini merupakan lanjutan pengajian Ramadhan sebelumnya. Karna kitabnya cukup rinci dalam mambahas persoalan Fiquhul Islam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan kitab ini. Kitab ini membahas persoalan Hukum Islam secara runtut sehingga terdapat puluhan bab yang dimuat didalamnya.

Seluruh kitab yang dikaji disampaikan langsung oleh Kyai Mahsun. Santri melakasnakan pengajian dengan semangat dan khidmat mendengarkan penjelasan yang disampaikan. Santri juga memaknai kitab yang diajarkan dengan ilmu nahwu yang telah didapatkan.



Ngaji yang dilaksanakan setiap ba'da tarawih ini menjadi kegiatan yang terus dilaksanakan tidak hanya dilaksanakan secara offline terkadang juga dilaksanakan online dengan media dan teknologi yang ada. Runtutnya kegiatan yang dilaksanakan santri selama Bulan Ramadhan membuat santri memiliki kesibukan dan aktifitas yang positif dalam menjalani hari-harinya di pesantren. Dengan adanya program pengajian kitab Ramdahan ini diharapkan mempu menghadirkan suasana ramadhan yang khidmat dan menajadi amalan yang baik bagi santri dan santri putri.



Selain santri masyarakat umum juga bisa mengikuti pengajian yang dapat diakses melalui media online. Pondok Pesantren menghadirkan live streaming melalui chanel youtube Al Falah Pakelsari. Live streamaing dilakukan bersamaan dengan pengajian yang dilaksanakan dan bagi yang ingin mengikuti pengajian juga bisa mengakses video yang diupload setelah pengajian selesai dilaksanakan.



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top