HAFLAH ATTASYUKUR LIL IKHTITAM PONDOK PESANTREN AL-FALAH KE-6 TAHUN 1444 H/2023 M.

0

 


Jumat, 05/05/2023 ---- Pondok Pesantren Al-Falah Pakelsari melaksanakan kegiatan haflah attasyukur lil ikhtitam yang ke-6. Kegiatan ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan haflah dilaksanakan sebagai apresiasi kepada santri yang telah menuntaskan kegiatan belajar di Pondok Pesantren. Haflah juga sering disebut kegiatan wisuda dan akhirusanah pada jenjang pendidikan yang telah diprogramkan sesuai dengan kurikulum yang ada.

Haflah atasyukur lil ikhtitam ke-6 ini diselenggarakan di halaman pondok pesantren. Dilaksanakan pada Hari Jum'at Tanggal 15 Syawal 1444 Hijriyyah atau 5 Mei 2023 Masehi. Haflah attasyukur lil ikhtitam ke-6 Pondok Pesantren Al-Falah Pakelsari meluluskan 4 santri putri Al-Quran Bil Hifdzi dan 39 Santri putra dan putri Al-Quran Bin Nadri. Jumlah ini merupakan jumlah terbesar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Peserta khataman mengikuti serangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia penyelenggara.


Dalam rangkaian kegiatan haflah santri mengikuti proses khataman, dilanjutkan dengan mengikrar sebagai santri Al-Falah, dilanjutkan dengan proses wisuda dengan pemberian syahadah dan samir secara simbolis oleh Kyai Mahsun dan Nyai Ma'sumah, AH. Kegiatan dilanjutkan dengan persembahan yang dilakukan oleh khotimin dan khotimat. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan berjabat tangan dengan para masyaikh, tamu undangan, dan wali santri.



Kegiatan ini dihadiri oleh masyaikh pondok pesantren. Mulai dari kelurga besar Kyai Mahsun dari Grobogan juga Nyai Ma'sumah, AH dari Sleman. Kegiatan ini juga dihadiri dari Pemerintah setempat mulai dari Kepala Desa, Camat, Bupati, Kapolresta, Kodim, dan Kabintal Akmil. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan seperti PCNU, PWNU, Banser, dan seluruh wali santri. Kegiatan berjalan lancar meskipun cuaca sedang hujan deras dari awal acara hingga selesai. Tamu yang hadir juga cukup penuh hingga memadati kursi tamu hingga Masjid Ar-Rahman Pakelsari.


Selain khataman Al-Quran khataman kitab juga dilaksankan secara bergantian. Khataman kitab yang dilaksanakan secara bergantian mulai dari kelas ibda', kelas jurumiyyah, dan kelas imrithi. Setiap kelas bergantian maju ke atas panggung dan melantukan nadhom alala, aqidatul awam, dan imrithi. Hal ini juga menandai telah selesainya kegiatan belajar tahun pendidikan 2022/2023.

Setelah melaksanakan kegiatan khataman panitia penyelenggara juga menyelenggarakan kegiatan pengajian. Dalam acara pengajian juga terdapat sambutan dari Bupati Kabupaten Magelang yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Kesekretariatan Pemerintah Kabupaten Magelang. Kegiatan ini dihadiri oleh KH. Muhammad Sholihun sebagai pembicaranya. KH. Muhammad Sholihun menyampaikan tentang kewajiban orang tua dalam mendidik anaknya. Orang tua memiliki kewajiban mulai dari memberi nama yang baik, menyusuhi anak, dan memberikan pendidikan yang layak. Orang tua berkewajiban mendidik anaknya secara langsung, namun ketika merasa tidak mampu bisa dimasukan kelembaga pendidikan yang bisa menjamin anak mendapatkan ilmu yang baik salah satunya di Pesantren.



Selengkapnya bisa anda saksikan di Chanel Youtube Al-Falah Pakelsari.



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top