KYAI MAHSUN MELAKSANAKAN KEBERANGKATAN HAJI TAHUN 1444 H/2023 M

0

 


Jum'at, 26/05/2023 --- Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Pakelsari Kyai Mahsun bin Mahfudz Abdul Latif melaksanakan keberangkatan haji tahun 1444 Hijriyyah atau 2023 Masehi. Menyempurnakan rukun Islam yang kelima merupakan kewajiban bagi seluruh umat dengan catatan mampu untuk pergi dan melaksanakan ibadah ketanah suci Makkah. Pergi haji tentu menjadi cita-cita bagi seluruh umat Islam. Dengan melaksanakan ibadah haji tentu menjadi sempurna pula sebagai umat beragama.


        Hal ini juga dilaksanakan oleh Kyai Mahsun, beliau termasuk kedalam salah satu jamaah haji tahun 2023. Dengan segala persiapan yang direncanakan sejak jauh-jauh hari beliau siap untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima ini. Hari Jum'at Tanggal 6 Dzulqo'dah 1444 Hijriyyah atau 26 Mei 2023 Kyai Mahsun berangkat dari tanah air menuju Saudi Arabia. Sebelumnya pada tanggal 1 Dzulqo'dah 1444 H/21 Mei 2023 M Kyai Mahsun melaksanakan kegiatan walimatus syafar dikediaman atau Pondok Pesantren Al-Falah. Kegiatan ini dihadiri oleh keluarga terdekat, saudara, rekan-rekan, tentangga, dan wali santri. Kegiatan berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Dalam kegiatan walimatus syafar juga dihadiri oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah. Kyai Ubaidilah Sodaqoh menjadi pembicara dalam acara, beliau menyampaikan tentang pentingnya melaksanakan ibadah haji dan keutamaan-keutamaan ibadah haji.



        Selain itu kegiatan walimatus syafar juga dihadiri oleh Kyai Marzuqi, beliau merupakan kakak kelas Kyai Mahsun saat menimba ilmu di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Kyai Marzuqi juga menjadi pengurus PC NU disalah satu Kecamatan di Provinsi Lampung. Beliau turus mendoakan keberangkatan haji Kyai Mahsun dan membacakan doa diakhir acara. Meskipun Pengasuh Pondok Pesantren melaksanakan Ibadah Haji selama dua bulan, namun kegiatan di Pondok Pesantren tetap berjalan seperti mestinya. Santri tetap mengaji dan belajar sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh Divisi Pendidikan. Selain Sebagai jamaah haji Kyai Mahsun juga bertugas sebagai Petugas Haji Indonesia Tahun 2023. Beliau ditunjuk oleh Kementrian Agama Republik Indonesia untuk mengemban tugas sebagai Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) tahun ini.


        Sebelum berangkat ke tanah suci Makkah, Kyai Mahsun juga berpamitan dengan santri dan tetangga yang ada di Dusun Pakelsari. Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis Malam Jumat tanggal 25 Mei 2023 Kyai Mahsun berangkat dari kediaman menuju Jakarta. Kegiatan dimulai dengan pembukaan acara kemudian dilanjutkan dengan pamitan oleh Kyai Mahsun dan ditutup dengan doa oleh KH. Fron Muslim. Setelah selesai, acara dilanjutkan dengan musafahah dan dikumandangkannya adzan dan iqomah. Seluruh santri dan tamu yang mengiringi keberangkatan melantutkan takbir secara bersama. Kegiatan cukup mengharukan mengiringi keberangkatan Kyai Mahsun.


https://www.instagram.com/reel/CsrKnwXpwan/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==




Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top