YAYASAN SYAFAATAH MEMBUAT PROGRAM SUMUR BOR SEBAGAI UPAYA MENGHADIRKAN AIR BERSIH DAN MELIMPAH UNTUK PESANTREN

0


Rabu, 14/06/2023 --- Yayasan Syafaatah Pakelsari Magelang yang menjadi induk pondok pesantren berupaya memberikan suplai air bersih untuk pondok pesantren. Program ini dibuat karena semakin meningkatnya kebutuhan air bersih yang ada di pondok pesantren. Saat ini pondok pesantren masih menggunakan air PDAM. Dengan sumber tersebut nyatanya tidak mencukupi dan seringkali pesantren kehabisan air meski telah membuat tampungan air sebesar 8.000 liter. Kebutuhan untuk mencukupi 200 santri ditambah dengan kebutuhan dapur dan lain-lain tentu membutuhkan suplai air yang besar. Hal ini berbanding terbalik dengan suplai air yang berasal dari PDAM. Air PDAM yang jumlahnya terbatas dan sering terjadi pemadaman membuat permasalahan pemenuhan kebutuhan air di pondok pesantren.


        Berdasarkan pengamatan yang diambil dari badan geografis yang didapatkan belakang pesantren terdapat sumber mata air. Kedalaman air sejauh 80 meter sehingga perlu proses pengeboran yang cukup lama. Yayasan Syafatah menginisiasi program sumur bor dibantu dengan santri dan wali santri. Pengeboran telah dilaksanakan sejak hari Sabtu Tanggal 9 Juni 2023 dan belum diketahui waktu selesainya. Hal ini dikarenakan medan tanah yang dibor belum diketahui. Namun pihak penyedia layanan pengeboran sumur memprediksi bahwa pengeboran bisa selesai dalam kurun waktu 2 minggu.



        Program pembuatan sumur bor ini diperkirakan menghabiskan dana sekitar 35 juta untuk jasa pengeboran. Hal ini belum termasuk instalasi air dan pembuatan bak penampungan air. Yayasan Syafaata juga memberikan kesempatkan kepada masyarakat yang ingin membatu pelaksanaan program dengan memberikan infaq. Infaq yang didapatkan dari masyarakat seluruhnya akan digunakan untuk biaya pengerjaan sumur bor. Sampai tanggal 14 Juni 2023 jumlah uang yang sudah terkumpul sejumlah 25 juta. Pengumpulan infaq akan terus berlanjut sampai memenuhi kebutuhan dana yang dianggarkan. Pengurus Yayasan Syafatah juga bertrima kasih kepada para dermawan yang telah membantu pemenuhan kebutuhan anggaran program sumur bor. Semoga program sumur bor bisa berdampak terhadap pemanfaatan dan pemenuhan air yang ada dipesantren dan sekitarnya.



Bagi masyarakat yang ingin ikut membantu program ini bisa menyalurkan dana ke rekening 004801018115530 atas nama Yayasan Syafaatah.



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top