PONDOK PESANTREN AL-FALAH MELAKSANAKAN KEGIATAN ZIARAH DAN WISATA RELIGI KE PROVINSI BALI DAN JAWA TIMUR

0

 


Ahad, 20/08/2023 --- Pondok Pesantren Al-Falah melaksanakan kegiatan ziarah makam wali pitu di Bali dan Jombang Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Kamis Tanggal 17 sampai dengan hari Ahad Tanggal 20 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan dan mejadi penutuk kegiatan pada satuan tahun pendidikan. Tahun Pendidikan 2022/2023 Pengurus Pesantren merencanakan kegitan ziarah ke Provinsi Bali, hal ini disetujui oleh Pengasuh. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana yang dibentuk. Selain berziarah makam para wali disela kegiatan juga dilaksanakan kunjungan wisata.



Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri kecuali santri baru yang masih dalam tahap adaptasi dan oriesntasi di Pondok Pesantren. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 127 santri dengan rincian 63 santri putra dan 64 santri putri ditambah dengan Pengasuh 2 orang, dan asatid 3 orang. Jika dijumlahkan maka seluruh peserta terdiri dari 132 orang. Kegiatan ziarah ditempuh dengan menggunakan jalur darat yaitu bus pariwisata. Jumlah armada yang disediakan sebanyak 3 bus.


Kegiatan Ziarah dilaksanakan selama 4 hari, mulai Hari Kamis Tanggal 17 sampai dengan 20 Agustus 2023. Beberapa tempat peziarahan yang dikunjungi antara lain : 

1. Makam Habib Ali bin Umar Jembrana
2. Makam Raden Ayu Siti Khodijah Denpasar
3. Makam Habib Ali Bin Abu Bakar Kelungkung
4. Makam Habib Umar bin Maulana Yusuf Al-Maghribi Bedugul
5. Makam Sech Abdul Qodir Muhammad Buleleng
6. Pantai Pandawa
7. Puja Mandala
8. Makam KH. Hasyim Asy' Ari Jombang

Seluruh peserta ziarah diberangkatkan dari Magelang pukul 13.00 WIB. Setelah melalui 12 Jam perjalanan sampailah di Penyebarangan Ketapang Banyuwangi dan naik kapal menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali. Rombongan ziarah sampai di Bali Jum'at pagi kemudian dilanjutkan sarapan dan persiapan ziarah di Jembrana. Setelah selesai dari Makam Habib Ali bin Umar Jembrana dilanjutkan menuju Puja Mandala untuk melaksanakan sholat dzuhur dan ashar. Beranjak dari Puja Mandala rombongan menuju Pantai Pandawa, sampai di Pantai Pandawa pukul 16.00 WITA. Santri menikmati keindahan Pantai Pandawa sampai terbenamnya matahari atau sekitar pukul 19.00 WITA. Selesai dari Pantai Pandawa rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempat istirahat. Sebelum sampai hotel rombongan mengunjungi pusat perbelanjaan Khrisna Denpasar.


Bermalam dihotel untuk melepas lelah, kegiatan ziarah dilanjutkan dihari Ke-Dua. Hari Sabtu setelah seluruh peserta sarapan rombongan beranjak menuju Makam Raden Ayu Siti Khodijah yang makamnya dipusat Kota Denpasar dan juga berada diwilayah Kerajaan Pamecutan dulu kala. Setelah selesai pukul 09.00 WITA rombongan melanjutkan perjalanan menuju makam Habib Ali Bin Abu Bakar di Kecamatan Kelungkung. Selesai di Kelungkung kegiatan dilanjutkan menuju Bedugul untuk ziarah Makam Habib Umar bin Maulana Yusuf Al-Maghribi. Makam Habib Umar bin Maulana Yusuf Al-Maghribi berada di atas bukit sehingga tidak memungkinkan untuk naik ke atas. Dzikir dan tahlil dilaksanakan di Masjid Al-Hidayah Bedugul setelah melaksanakan sholat dzuhur dan ashar. Usai melaksanakan dzikir dan tahlil santri diperkenankan untuk menikmati pemandangan diarea Danau Berataan. Santri-santri juga banyak yang naik perahu mengelilingi danau tersebut.


Sebelum adzan maghrib rombongan beranjak dari bedugul menuju Buleleng untuk berziarah ke makam Sech Abdul Qodir Muhammad. Sampai disana pukul 21.00 WITA sekalian melaksanakan sholat maghrib dan isya'. Setelah kegiatan di Buleleng selesai rombongan menuju Penyebrangan Gilumanuk-Ketapang untuk menuju Jombang Jawa Timur. Pukul 08.00 rombongan sampai di Jombang untuk berziarah di makam KH. Hasyim Asy' Ari dan keluarga. Kegiatan di Jombang merupakan tujuan ziarah yang terakhir dari rundown perjalanan yang dibuat. Setelah seluruh kegiatan di Jombang selesai, seluruh rombongan bergegas menuju armada untuk kembali ke Magelang. Pukul 20.00 bus sampai di Magelang dengan selamat sekaligus menutup perjalanan ziarah tahun 2023.


Video Kegiatan dapat anda saksikan dichanel instagram Al-Falah Pakelsari link sebagai berikut  https://www.instagram.com/alfalahpakelsari/



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
To Top